kebencian dengan cinta bedanya setipis sayap anai-anai.

Pages

Minggu

Contoh soal & jawaban tentang paragraf induktif dan deduktif


1.  Di dunia moneter dikenal tiga macam inflasi. Seperti lemah sering diartikan sebagai laju inflasi yang kurang dari 5 %, sedangkan inflasi moderat adalah inflasi yang mencapai 20 %, meskipun ada yang memberi batasan inflasi moderat itu sampai 30 %. Inflasi yang melebihi 30 % umumnya dianggap inflasi keras.
Paragraf tersebut dikembangkan melalui cara ....
a. deduktif
b. naratif
c. deskriptif
d. induktif
e. gabungan

2.  Beberapa tips belajar menjelang UAN. Jangan pernah belajar “dadakan”. Artinya belajar sehari sebelum ujian. Belajarlah muai dari sekarang. Belajar akan efektif kalau belajar kumpulan soal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjawab soal-soal di buku kumpulan soal. Mencocokannya, lalu menilainya. Barulah materi yang tidak dikuasai dicari di buku. Oleh karena itu, maka sebaiknya para guru memberitahukan tips belajar menjelang UAN.
Wacana diatas termasuk paragraf…
a. Naratif
b. Peyoratif
c. Induktif
d. Deduktif
e. Deduktif-Induktif

3.  Belajar akan efektif kalau belajar kumpulan soal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjawab soal-soal di buku kumpulan soal. Mencocokannya, lalu menilainya. Barulah materi yang tidak dikuasai dicari di buku. Itulah beberapa tips belajar menjelang Ujian Akhir Nasional
Wacana yang diatas termasuk paragraf…
a. Deduktif
b. Induktif- Deduktif
c. Induktif
d. Campuran
e. Induktif


4. Faktor utama untuk bersaing adalah SDM yang sekaligus sebagai subjek dalam berproduksi. SDM perusahaan atau industri harus memiliki kemampuan teknis profesional dan adaptif. Kemampuan teknis profesional adalah keahlian menghasilkan barang dan jasa dengan sarana teknologi yang memadai. Kemampuan adaptif adalah kesanggupan SDM untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan alam, sosial, dan lingkungan kerja, disiplin dan niai-nilai dalam perusahaan itu sendiri. Dengan kata lain, mereka harus memiliki kemampuan normatif.
Penalaran yang terkandung dalam paragraf di atas adalah …
a. Deduktif
b. Induktif
c. Deduktif – induktif
d. Sebab – akibat
e. Generalisasi

5. Memasuki abad ke-21, sejumlah masalah kependudukan menghadang umat manusia secara "Tumpang tindih ". Sebagai contoh, masalah lanjut usia (lansia) muncul pada saat pertambahan penduduk masih besar. Kemiskinan menjadi kian kasat mata di tengah
rumitnya masalah ketenagakerjaan. Masalah kesehatan pun turut mewarnai lanskap kehidupan pada awal milenium ketiga, terutama menyangkut kesehatan wanita dan anak-anak.
Jenis paragraf di atas adalah ........
A . deduktif
B . induktif
C . deduktif-induktif
D . deskripsi
E . persuasif

6. Kesehatan gigi memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Karena jika gigi rusak dan tidak ditangani dengan baik, bisa menyebabkan risiko terjadinya gangguan kesehatan yang sistemik dan kronis. Karena gigi akan membusuk, dan pembusukan itulah yang menyebabkan bakteri akan menjalar ke organ tubuh lainnya dan memicu timbulnya penyakit. Bahkan memicu terjadinya pre-cancer.
Paragraf di atas termasuk paragraf….
a. deduktif
b. induktif
c. persuasif
d. deduktif-induktif
e. argumentasi

7. Pada era persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif seperti saat ini. Seseorang yang menguasai Bahasa Inggris otomatis akan memiliki peluang yang lebih besar di dunia kerja. Sebaliknya, orang yang tidak memiliki kemampuan Bahasa Inggris peluangnya akan semakin kecil untuk memasuki dunia kerja khususnya untuk dapat diterima sebagai karyawan. Itulah kenapa penguasaan Bahasa Inggris sangat diperlukan untuk menambah kompetensi di dunia kerja.
Paragraf di atas termasuk paragraf….
a. deduktif
b. induktif
c. persuasif
d. deduktif-induktif
e. deskripsi

8. Setiap orang tua tentu berharap anaknya kelak menjadi orang sukses. Indikator kesuksesan biasanya dilihat dari pekerjaan. Itulah mengapa banyak orang tua yang berbondong-bondong mengirimkan anaknya ke sekolah-sekolah favorit dengan harapan agar nantinya sang anak dapat bersaing di dunia kerja yang semakin keras. Pendidikan yang tepat bagi anak sebenarnya tidak harus sealu dengan mengirimkan mereka ke sekolah favorit, melainkan dengan cara mengarahkan sang anak sesuai minat dan bakat mereka. Oleh karena itu, orang tua sebenarnya memiliki peran yang sangat penting untuk menentukan pekerjaan apa yang sesuai dengan sang anak.
Paragraf di atas termasuk paragraf….
a. deduktif
b. induktif
c. persuasif
d. deduktif-induktif
e. deskripsi

9. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa teh mempunyai banyak manfaat. Mengonsumsi teh secara teratur dapat mencegah kanker meskipun tidak terlalu besar. Teh juga menguatkan tulang dan mencegah pertumbuhan plak di permukaan gigi sehingga mencegah gigi berlubang. Tidak hanya memenuhi kebutuhan cairan tubuh seperti air putih, teh juga melawan penyakit jantung.
Paragraf di atas termasuk paragraf…..
a. deduktif
b. induktif
c. persuasif
d. deduktif-induktif
e. deskripsi

10. Ketika Perang Dunia II, banyak kapal laut logistik Jepang ditenggelamkan oleh armada perang Amerika. Keadaan itu membuat “negeri matahari terbit” ini melirik minyak jarak untuk menggerakkan mesin-mesin perangnya. Tidak hanya truk dan tank, bahkan pesawat terbang pun menggunakan bahan bakar minyak jarak.
Paragraf di atas termasuk paragraf….
a. deduktif
b. induktif
c. persuasif
d. deduktif-induktif
e. deskripsi

*tambahan. Nggak tahu tambahan apaan :(
1. kalimat yang hanya terdiri atas satu verba utama yang menggambarkan aksi, peristiwa, atau keadaan adalah…
a.Kalimat deskripsi
b. Kalimat naratif
c. kalimat simpleks
d. kalimat kompleks
e. Kalimat singkat

2. Kalimat yang terdiri atas lebih dari satu aksi,  peristiwa, atau keadaan sehingga mempunyai lebih dari satu verba utama dalam lebih dari satu struktur adalah…
a.Kalimat deskripsi
b. Kalimat naratif
c. kalimat simpleks
d. kalimat kompleks
e. Kalimat singkat

3. Kata: dan, atau, serta, tetapi, sementara itu, sedangkan, dan selanjutnya. Termasuk dalam…
a.Kalimat deskripsi
b. Kalimat naratif
c. kalimat simpleks
d. kalimat kompleks
e. Kalimat singkat

9 komentar:

Black Moustache